Monday, October 27, 2014

Perkembangan Internet


Sejarah internet Indonesia dimulai pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa di antara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet. Sejak 1988, ada pengguna awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.

Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia pada tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.


Tulisan-tulisan tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS berjudul "Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio"[1] di bulan November 1990. Juga beberapa artikel pendek di Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB pada tahun 1989.


Itu adalah sejarah singkat mengenai internet yng ada di Indonesia. Tetapi yang akan saya bahas sekarang adalah mengenai kelebihan dan kekurangan serta dampak-akibat dari internet itu sendiri.

KELEBIHAN: 

  • Hiburan, teknologi internet dan new media memberikan banyak kemudahan untuk pengguna nya dalam menikmati hiburan , diantaranya adalah situs Game Online. Dengan situs ini user bisa bermain game secara universal dengan seluruh pemain lain didunia.


  • Media Sosial, salah satu teknologi internet yang paling banyak penggunanya , banyak sekali situs penyedia jejaring sosial seperti : Facebook, Twitter, skype dan masih banyak lagi. Disebut sosial karena dengan teknologi ini anda dapat bersosialisai bersama banyak orang yang andal kenal bahkan belum anda kenal dengan hanya berkenalan via dunia maya. Memudahkan anda berkomunikasi dengan teman bahkan saudara anda yang jaraknya mungkin jauh dari tempat tinggal anda, juga dapat bertukar pengalaman informasi dsb, dapat membuat anda bisa berteman dengan siapapun diseluruh dunia tanpa batas negara.


  • Edukasi, banyak sekali Pendidikan yang didapat via internet , mulai dari wikipedia.com dsb. Internet dapat membuat pengguna nya cerdas jika penggunanya menggunakannya untuk mencari pendidikan yang positif, sebaliknya internet dapat membuat pengguna nya bodoh jika kita negatif dalam mencari pendidikan via internet.


  • Informasi, di internet bukan hanya 1 atau 2 penyedia layanan infomasi tetapi sangatlah banyak sekali, mulai dari kompas.com, yahoo.com, dsb. mulai dari informasi gaya hidup, pendidikan, tempat wisata, kesehatan semuanya tersedia di internet


  • Akses 24jam dan Kecepatan, akses informasi di Internet tidak dibatasi waktu, karena dengan lingkup global, dunia maya yang dihadirkan ‘tidak pernah tidur’. Responden penelitian yang dilakukan lewat Internet bisa memberikan respon atau jawaban sesuai dengan kondisi dan situasi yang dikehendaki masing-masing individu.  

Bila dibandingkan dengan sumber data tradisional, riset melalui Internetjauh lebih cepat, karena bersifat real-time. Kita tinggal mengkilk berbagal icon, selanjutnya tinggal menunggu hasil (tentunya tergantung pada fasilitas modem dan ISP atau Internet Service Provicer yang dipergunakan) lebih cepat dan lebih murah.

  • Kenyamanan, eneliti lewat Internet tidak harus menghadapi berbagai persoalan birokratis, seperti ijin dari berbagai instansi untuk keperluan peilgumpulan data, ‘kerahasiaan’ informasi, dan keharusan untuk datang sendirl keinstansi bersangkutan. Selain itu, berbagai fitur (features) yang dirancang khusus dan user-ftiendly sangat memudahkan peneliti mengakses berbagal situs Internet.


  • Kemudahan Akses, menjamurnya bisnis warnet (warung Internet) di Indonesia (khususnya di kota-kota besar) membuat akses terhadap Internet menjadi lebih mudah. Persaingan antarwarnet dalam hal harga, kecepatan akses, dan fasilitas pendukung lainnya membuat para pengguna Internet lebih nyaman dan mudah memanfaatkan Internet untuk keperluan riset maupun tujuan lainnya. 

  • Sarana Komunikasi Murah, dibandingkan dengan komunikasi canggih abad ini, internet adalah sarana komunikasi paling murah dengan efektifitas cukup tinggi. Jika Anda harus merogoh ribuan dollar untuk berkomunikasi dengan keluarga di luar negeri via handphone, dengan internet hanya butuh uang receh. Bisa komunikasi suara, teks bahkan video live.

Selanjutnya adalah KEKURANGAN:


  • Ketergantungan terhadap jaringan telepon atau Internet Provider Service
  • Virus
  • Pengawasan hukum masih lemah
  • Banyaknya informasi palsu dimana-mana
  • Privasi mudah di bobol
  • Banyak situs pornografi yang dapat diakses dengan mudah.


Dengan mudahnya akses internet ini masyarakat dengan mudah dapat menjelajahi atau mencari berbagai informasi yang dibutuhkan. Hanya saja selain menguntungkan para penggunannya, internet juga dapat merugikan para penggunanya. Seperti misalnya, kebiasaan berkumpul dengan teman saat ini menjadi tidak seperti biasanya. Rasa sosialisasi secara langsung mulai berkurang, karna jika diperhatikan saat ini masyarakat lebih tertarik untuk bersosialisasi di dunia maya. Seharusnya masyarakat harus lebih cermat dalam menggunakan internet.


Referensi:

http://id.m.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet_Indonesia
http://mayfelruusmilan.blogspot.com/2013/02/kelebihan-dan-kekurangan-internet.html

No comments:

Post a Comment