Sunday, November 16, 2014

Model Data Entity-Relationship

Model data Entity-Relationship (ER) merupakan model data koseptual tingkat tinggi yang dikembangkan oleh Chen pada tahun 1976 untuk memfasilitasi perancangan basis data. 
 Model data konseptual ini merupakan sekumpulan konsep yang menggambarkan struktur basis data.
Tujuannya untuk mendukung persepsi pengguna dan untuk menyembunyikan aspek teknis yang berhubungan dengan perancangan basis data.
Konsep dasar dari model ER terdiri dari: entitas, atribut dan relationship. Model ER ini digunakan untuk memfasilitasi perancangan basis data dari sebuah skem organisasi, dengan mentransformasi kebutuhan suatu basis data dari suatu organisasi ke dalam bentuk skema konseptual yang akan menghasilkan struktur logika dari suatu basis data.
Entitas, suatu objek yang dapat dibedakan dengan objek lainnya. Entitas dapat merupakan objek dalam bentuk konsep (abstrak).
Atribut, setiap entitas memiliki sejumlah atribut yang mendeskripsikan karakteristik atau properti dari suatu entitas. Nilai dari setiap atribut menjelaskan entitas.
Relationship, hubungan yang terjadi pada satu entitas atau antar entitas lebih dari satu. Relationship juga mungkin memiliki atribut atau sifat yang membedakannya dengan relationship lainnya. 
 
 
 
 

No comments:

Post a Comment