Thursday, January 8, 2015

SMS

SMS atau Short Message Service alias layanan pesan singkat, merupakan teknologi pengirim pesan pendek antar telepon genggam, atau antara telepon genggam dengan perangkat lain seperti computer.

Wacana tentang layanan SMS mulai muncul awal tahun 1980-an oleh Global System for Mobile Communication (Grup GSM). Pada tahun 1984, perusahaan GSM di Perancis dan Jerman mengusulkan teknologi ini untuk dibawa ke dalam layanan GSM, yang saat itu hanya menyediakan layanan fitur panggilan suara.

Sedikit polemik terjadi, karena layanan SMS membutuhkan sedikit tempat pada jaringan, yang artinya dapat mengganggu jalur suara. Sebagai solusi, diambillah jalan tengah, dimana SMS dibatasi 160 karakter, sihingga hanya memakan sedikit bandwidth. Nah, dari sinilah aturan 160 karakter itu datang, dan berlaku sampai saat ini.

Tahun-tahun selanjutnya, layanan SMS pun terus dikembangkan, tapi baru berhasil diimplementasikan pada 3 Desember 1992 di Inggris. Waktu itu SMS pertama berhasil dikirim di jaringan SEMA Grup ke handset Orbitel 901 yang memakai jaringan GSM milik Vodafone.
Seiring perkembangan teknologi, layanan SMS pun dapat dinikmati pada jaringan CDMA, juga UMTS. Sementara pemanfaatannya semakin variatif, seperti layanan SMS Premium, mobile banking, ringtone ,dan lain-lain.

Sumber : tabloid “Sinyal” dan lain-lain

No comments:

Post a Comment