Sunday, October 27, 2013

Organisasi Umum

A. Rentan Kendala (Span Of Control) Dengan Batasan-batasan

  • Merupakan batas jumlah bawahan langsung yang dapat dipimpin & dikendalikan secara efektif oleh seorang manajer. 
    • Perlunya Span of Control dalam organisasi:
      • Keterbatasan waktu
      • Keterbatasan pengetahuan
      • Keterbatasan kemampuan
      • Keterbatasan perhatian
      • Rentang kendali setiap pemimpin tidak sama (relatif)
    • Batasan-batasan:
      • Sifat dan terperincinya rencana
      • Latihan-latihan dalam perusahaan
      • Posisi Manajer dalam suatu perusahaan
      • Dinamis dan Statisnya organisasi
      • Efektivitas komunikasi
      • Tipe pekerjaan yang dilakukan
      • Kecakapan dan pengalaman manajer
      • Span of Personality dan Energy
      • Dedikasi dan partisipasi bawahan
B. Bentuk-bentuk Organisasi Dengan Kebaikan Serta Keburukan
  •  Organisasi Garis
    • Merupakan bentuk organisasi yang paling tua dan sederhana yang diciptakan oleh Henry Fayol. Mmempunyai ciri-ciri antara lain organisasinya masih kecil, jumlah karyawan sedikit dan saling mengenal serta spesialisasi kerja belum tinggi.
      • Kebaikan:
        • Kesaruan komando terjamin sepenuhnya karena pimpinan berada hanya pada satu tangan.
        • Garis komando berjalan secara tegas
        • Proses pengambilan keputusannya cepat
        • Kinerja karyawan dapat segera diketahui (yang baik maupun yang buruk)
        • Solidaritas tinggi
      • Keburukan:
        • Seluruh organisasi tergantung pada satu orang saja
        • Adanya kecenderungan pemimpin bertindak secara otokratis
        • Terbatasnya kesempatan karyawan untuk berkembang
Struktur Organisasi Garis
  • Organisasi Garis dan Staff
    • Dianut oleh organisasi yang besar. Staff yaitu orang yang ahli dalam bidang tertentu yang tugasnya memberi nasihat dan saran kepada pejabat pemimpin dalam organisasi.
      • Kebaikan:
        • Dapat digunakan oleh organisasi besar maupun kecil serta apapun tujuannya.
        • Adanya pembagian tugas antara pimpinan organisasi dengan pelaksana
        • Bakat yang berbeda yang dimiliki karyawan dapat dikembangkan menjadi suatu spesialisasi
        • Prinsip penempatan orang yang tepat
        • Pengambilan keputusan yang cepat
        • Koordinasi lebih baik karena adanya pembagian tugas yang terperinci
        • Semangat kerja yang tinggi
      • Keburukan:
        • Solidaritas kurang, dikarenakan karyawan yang saling tidak mengenal
        • Perintah-perintah menjadi kabur, dengan nasihat dari staff
        • Kesatuan komando berkurang
        • Koordinasi kurang baik pada tingkat staff yang dapat mengakibatkan hambatan pelaksanaan tugas
Struktur Organisasi Garis dan Staff
  • Organisasi Fungsional
    • Disusun berdasarkan fungsi yang harus dilaksanakan. Dipakai pada perusahaan yang pembagian tugasnya dapat dibedakan dengan jelas. Dikembangkan oleh F.W Taylor.
      • Kebaikan:
        • Pembidangan tugas menjadi lebih jelas
        • Spesialisasi karyawan lebih efektif dijalankan dan dikembangkan
        • Solidaritas dan semangat kerja lebih tinggi
        • Koordinasi berjalan lancar dan tertib
      • Keburukan:
        • Pengalihan kerja menjadi sulit dilaksanakan
        • Kordinasi menyeluruh sulit dilaksanakan
        • Menimbulkan rasa kelompok yang sangat sempit dari bagian yang sama sehingga sering timbul konflik
Struktur Organisasi Fungsional
  • Organisasi Piramida
    • Dibentuk hanya untuk sementara, setelah tugas selesai maka selesailah tugas dari organisasi tersebut.
      • Kebaikan:
        • Keputusan dipertimbangkan matang-matang dan terperinci
        • Kemungkinan pimpinan bertindak otoriter kecil
        • Koordinasi kerja telah dibahas oleh suatu team
      • Keburukan:
        • Pengambilan keputusan memerlukan waktu lama (diskusi)
        • Tanggung jawab tidak jelas, karena tanggung jawabnya sama
        • Kreativitas karyawan terhambat
Stuktur Organisasi Panitia


Sumber:

No comments:

Post a Comment