- Merupakan batas jumlah bawahan langsung yang dapat dipimpin & dikendalikan secara efektif oleh seorang manajer.
- Perlunya Span of Control dalam organisasi:
- Keterbatasan waktu
- Keterbatasan pengetahuan
- Keterbatasan kemampuan
- Keterbatasan perhatian
- Rentang kendali setiap pemimpin tidak sama (relatif)
- Batasan-batasan:
- Sifat dan terperincinya rencana
- Latihan-latihan dalam perusahaan
- Posisi Manajer dalam suatu perusahaan
- Dinamis dan Statisnya organisasi
- Efektivitas komunikasi
- Tipe pekerjaan yang dilakukan
- Kecakapan dan pengalaman manajer
- Span of Personality dan Energy
- Dedikasi dan partisipasi bawahan
B. Bentuk-bentuk Organisasi Dengan Kebaikan Serta Keburukan
- Organisasi Garis
- Merupakan bentuk organisasi yang paling tua dan sederhana yang diciptakan oleh Henry Fayol. Mmempunyai ciri-ciri antara lain organisasinya masih kecil, jumlah karyawan sedikit dan saling mengenal serta spesialisasi kerja belum tinggi.
- Kebaikan:
- Kesaruan komando terjamin sepenuhnya karena pimpinan berada hanya pada satu tangan.
- Garis komando berjalan secara tegas
- Proses pengambilan keputusannya cepat
- Kinerja karyawan dapat segera diketahui (yang baik maupun yang buruk)
- Solidaritas tinggi
- Keburukan:
- Seluruh organisasi tergantung pada satu orang saja
- Adanya kecenderungan pemimpin bertindak secara otokratis
- Terbatasnya kesempatan karyawan untuk berkembang
Struktur Organisasi Garis
- Organisasi Garis dan Staff
- Dianut oleh organisasi yang besar. Staff yaitu orang yang ahli dalam bidang tertentu yang tugasnya memberi nasihat dan saran kepada pejabat pemimpin dalam organisasi.
- Kebaikan:
- Dapat digunakan oleh organisasi besar maupun kecil serta apapun tujuannya.
- Adanya pembagian tugas antara pimpinan organisasi dengan pelaksana
- Bakat yang berbeda yang dimiliki karyawan dapat dikembangkan menjadi suatu spesialisasi
- Prinsip penempatan orang yang tepat
- Pengambilan keputusan yang cepat
- Koordinasi lebih baik karena adanya pembagian tugas yang terperinci
- Semangat kerja yang tinggi
- Keburukan:
- Solidaritas kurang, dikarenakan karyawan yang saling tidak mengenal
- Perintah-perintah menjadi kabur, dengan nasihat dari staff
- Kesatuan komando berkurang
- Koordinasi kurang baik pada tingkat staff yang dapat mengakibatkan hambatan pelaksanaan tugas
Struktur Organisasi Garis dan Staff
- Organisasi Fungsional
- Disusun berdasarkan fungsi yang harus dilaksanakan. Dipakai pada perusahaan yang pembagian tugasnya dapat dibedakan dengan jelas. Dikembangkan oleh F.W Taylor.
- Kebaikan:
- Pembidangan tugas menjadi lebih jelas
- Spesialisasi karyawan lebih efektif dijalankan dan dikembangkan
- Solidaritas dan semangat kerja lebih tinggi
- Koordinasi berjalan lancar dan tertib
- Keburukan:
- Pengalihan kerja menjadi sulit dilaksanakan
- Kordinasi menyeluruh sulit dilaksanakan
- Menimbulkan rasa kelompok yang sangat sempit dari bagian yang sama sehingga sering timbul konflik
Struktur Organisasi Fungsional
- Organisasi Piramida
- Dibentuk hanya untuk sementara, setelah tugas selesai maka selesailah tugas dari organisasi tersebut.
- Kebaikan:
- Keputusan dipertimbangkan matang-matang dan terperinci
- Kemungkinan pimpinan bertindak otoriter kecil
- Koordinasi kerja telah dibahas oleh suatu team
- Keburukan:
- Pengambilan keputusan memerlukan waktu lama (diskusi)
- Tanggung jawab tidak jelas, karena tanggung jawabnya sama
- Kreativitas karyawan terhambat
Stuktur Organisasi Panitia
Sumber:
No comments:
Post a Comment