Nama Anggota:
1. Ahmad Rizky Elchan (10112472)
2. Lukman Hakim (14112262)
3. Reza Khotibul Umam (16112205)
4. Yuvensia Puspita Sari (17112995)
I. Latar Belakang Aplikasi
Instagram adalah sebuah
aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan
filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk
milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto
menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic
dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh
kamera pada peranti bergerak.
Instagram dapat
digunakan di iPhone, iPad atau iPod Touch versi apapun dengan sistem operasi
iOS 7.0 atau yang terbaru, telepon genggam Android apapun dengan sistem operasi
versi 2.2 (Froyo) ke atas, dan Windows Phone 8. Aplikasi ini dapat diunggah
melalui Apple App Store dan Google Play.
Pada tanggal 9 April
2012, diumumkan bahwa Facebook setuju mengambil alih Instagram dengan nilai
sekitar $1 miliar
II. Tujuan Pembuatan Aplikasi
Adapun sebuah tujuan
aplikasi ini dibuat adalah sebagai media sosial yang dapat menemukan momen
orang lain dan dapat membagikan momen pribadi yang dapat dishare kepada orang
lain.
III. Konsep Pembuatan Aplikasi
Konsep yang digunakan dalam pembuatan
aplikasi Instagram ini adalah dengan menggunakan pendekatan metode SDLC (
System Development Life Cycle ) , konsep ini dikembangakn melalui beberapa
tahap sebagai berikut:
A.
Perencanaan
a. Melakukan
pengambilan/pengumpulan data
b. Melakukan
identifikasi masalah
B.
Analisa permasalahan
Menganalisa
masalah yang terjadi di lingkungan sosial tentang bagaimana cara orang
berhubungan dan berbagi momen dengan orang lain secara online dan dapat dilihat
semua orang.
C.
Perancangan
Pada
tahap ini melakukan perancangan struktur navigasi, perancangan input output dan
perancangan tampilan aplikasi Instagram.
D.
Implementasi
Membuat
serta memberikan sentuhan terakhirnya dengan pengisian kode program yang
sebelumnya tertera pada perancangan input output aplikasi
E.
Uji Coba Aplikasi
Tahap
ini merupakan tahap uji coba program yang dihasilkan dari tahap implementasi
untuk mengetahui apakah fungsionalitasnya terpenuhi dan sesuai dengan rancangan
dasar penelitian.
IV.
Kerangka Pikir
Kerangka
pikir disini adalah alur kinerja dari program atau aplikasi, dimana pengguna
bisa mengupload momen secara online dan dapat dibagikan kepada semua orang.
Bagaimana seseorang mengupload lalu dapat menyimpan file secara online supaya
dapat dilihat. Pengguna juga dapat melihat apa yang dibagikan orang lain di
akunnya masing-masing.
V. Rencana Pengerjaan Aplikasi
Berikut adalah rencana
dan jadwal tahap penelitian dilaksanakan per bulannya :
NO
|
Tahapan Penelitian
|
Jadwal
Pelaksaan (Bln) ke
1
2 3
4 5 6 7
|
||||||
1.
|
Tahap Perencaan
|
|||||||
2.
|
Tahap Analisis
|
|||||||
3.
|
Tahap Perancangan dan Pembuatan Aplikasi
|
|||||||
4.
|
Tahap Implementasi
|
|||||||
5.
|
Uji Coba
|
VI.
Refrensi
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram
2.
http://blogofhanifa.blogspot.co.id/2013/10/etika-menggunakan-instagram.html
3. http://www.slideshare.net/andreytendean/proposal-pembuatan-aplikasi
No comments:
Post a Comment